GFC atau Google+ Followers ?

Oleh Nyak on Wednesday, November 28, 2012
Kali ini saya hanya ingin sedikit share tentang perkembangan yang terjadi pada platform blogging yang dengan setia kita gunakan ini, blogger.com.

Saya yakin sobat semua pasti sudah tahu dengan suatu perkembangan yang lumayan menarik ini. Karena ketika masuk pada pengaturan halaman/widget pasti ada sedikit pemberitahuan dari blogger disana. Kalau belum melihatnya silakan dicek di pengaturan tata letak lalu pilih tambah gatget. Akan muncul hal baru disana, selain lencana Google+ ada Tombol +1 dan Pengikut Google+.
Ketika pertama kali saya melihat gatget baru itu, langsung saya mencobanya untuk melihat fungsi dari widget Google+ Followers tersebut.
Gadget baru Blogger GFC atau Google+ Followers ?
Gadget baru Blogger
Namun saya hanya sedikit bingung untuk memilih mana yang lebih bagus antara widget follower yang berasal dari GFC (Google Friend Connect) atau Google+ Followers.

Sebagaimana yang kita tahu bahwasanya GFC atau Google Friend Connect yang memuat para follower blog kita yang selama ini kita gunakan itu sudah pensiun, alias tidak dikembangkan lagi. Akan tetapi widget tersebut masih tetap bisa digunakan khusus untuk pengguna blogger.
Google Friend Connect (GFC) pensiun | GFC atau Google+ Followers ?
Google Friend Connect (GFC) pensiun
Banyak sekali manfaat dari penggunaan widget Follower dari GFC ini yang lebih dari sekedar ajang gaya untuk menunjukkan ke-eksisan suatu blog. Para Follower tentunya dapat menerima update dari blog yang difollow secara otomatis di halaman dashboard blogger mereka. Dengan begitu semakin banyak follower maka akan memberikan peluang yang lebih besar bagi pemilik blog untuk mendapatkan pengunjung setia setiap update baru darinya.
Hal ini mendorong para blogger untuk meningkatkan Follower mereka.

Namun bagaimana jika seorang follower ternyata memiliki blog yang telah difollow lebih banyak..? Yang masing-masing dari blog yang difollow itu juga melakukan update yang lebih kini..? Maka blog yang diupdate lebih dahulu juga akan tenggelam ditutupi blog yang lebih kini update-nya. Ini hanya pengandaian saja dan memang begitu adanya.

Nah, Sekarang bagaimana dengan sistem baru dari Google+ Followers yang katanya akan menggantikan GFC tersebut...?

Saya belum tahu apakan blog yang difollow melalui Google+ itu akan langsung masuk ke daftar bacaan di dashboard blogger. Akan tetapi bila kita melihat hal yang terjadi selama ini dengan penggunaan Google+ yang layaknya Social Media, maka tentunya update dari teman ataupun halaman (disini blog bisa menjadi halaman) di Google+ akan dapat kita simak pada halaman beranda Google+ kita.
Dan hal yang menarik jika kita mengikuti jalur ini adalah kita akan menerima update dari teman yang berbagi post secara langsung melalui notifikasi (pemberitahuan) yang kita terima pada navigasi Google yang letaknya di sebelah kanan atas itu.

Google Reader | GFC atau Google+ Followers ?
Google Reader
Lalu bagaimana dengan daftar bacaan di Google Reader..? Apakah dengan kedua cara di atas sama-sama akan berakibat pada subscribing..? Alias blog yang selama ini kita follow melalui GFC akan otomatis masuk daftar subscribe Google Reader dan hal ini akan berlaku juga di Google Plus Followers..?

Selama ini saya memang tidak membubuhkan blog ini dengan widget begitu mengingat blog baru yang harus meringankan diri sementara. Saya menggunakannya sejenak di bagian bawah untuk sedikit survey. Bersyukur sekali jika ada yang memanfaatkannya.

Demikian sedikit kebimbangan yang saya butuh pertimbangan bersama dengan kawan-kawan blogger dan master lainnya yang syukur jika kebetulan membaca artikel ini lalu menjawab melalui diskusi tentang kebimbangan saya tersebut. :) (kioseo)

- 14 komentar, don't worry to add comment - Komentar itu mengakrabkan :)

Muhammad Albar said... November 28, 2012 at 5:13 PM

wah saya masih binggung sobat

Nyak said... November 28, 2012 at 5:19 PM

Sama sob...
ane bingung juga..
tapi bingungnya dimna yahh..??
hehehe..

EVAN REINALDO said... November 28, 2012 at 6:00 PM

Saya si pilih GFC sob..

Nyak said... November 28, 2012 at 6:20 PM

alasannya sob..?

YUEZHA SOFTWARE | Download Software Gratis said... November 28, 2012 at 8:57 PM

Gue bingung gan :D Hehehe

Nyak said... November 29, 2012 at 12:40 AM

hahahah... :))
jangan dibawa steres kawan..

Supercoolzz said... November 29, 2012 at 11:57 AM

waduh ane bingung dengan kalimatnya gan..:D #maklum otak ane jarang kepake wkwkwkwkwk

Nyak said... November 29, 2012 at 12:21 PM

hahahah...
berbagi bingung berhasil...!! :))

Odingk Prakoso said... December 8, 2012 at 12:39 AM

Untuk saat ini Pilihnya masih GFC aja dulu sobbb

Nyak said... December 8, 2012 at 1:16 AM

heheh...
Ternyata rame yang setia ama GFC yaah...

Blog DoFollow said... December 8, 2012 at 4:05 AM

mantap gan :D
jgn lupa mampir balik

Kumpulan Desain Grafis | Blog Dofollow said... December 15, 2012 at 7:15 PM

kayak'nya jdi kebingungan semua termasuk saya.. hahahahaa... :)

Unknown said... January 14, 2013 at 10:41 PM

Anaa jg bingung mana yg trbk tp thanks sharingx

Unknown said... March 11, 2013 at 3:58 PM

Saya tidak kedua-duanya sob! Karena memang saya gak pakai widget-widget tersebut. :D

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar disini..
Wajib akhiri komentar dengan ":)"